Alasan Denny Wirawan Pilih Batik Kudus

Denny Wirawan merupakan salah satu perancang busana yang aktif dalam melestarikan wastra Nusantara, baik dalam lingkup lokal maupun internasional. Kali ini, perancang yang telah berkarya 24 tahun ini, memilih mengeksplorasi keindahan Batik Kudus untuk label Balijava. Tak hanya menghelat dan mempersembahkan keindahan wastra Nusantara dalam sejumlah peragaan busana, Denny pun total memperkenalkan warisan kain dari Tanah Air di pentas antarbangsa, salah satunya New York Fashion Week (NYFW) - Pekan Mode New York.

“Secara prinsip saya ingin secara aktif melestarikan wastra nusantara. Oleh sebab itu sejak 2008, koleksi Balijava hadir di tengah pecinta mode Indonesia sebagai lini busana yang siap pakai dan busana siap pakai madya,” ujar Denny. Ia mengatakan, melalui kancah internasional, seperti Pekan Mode New York, dia memilih membawa koleksi batik sebagai bentuk dedikasi terhadap kain dan budaya Indonesia.

Khusus perhelatan mode akbar Pekan Mode New York, Denny telah merilis koleksi Balijava Batik Kudus teranyar pada Minggu (14/2) di Fashion Week Gallery, Manhattan, New York, AS. Sejumlah koleksi yang mengangkat keindahan pesona Batik Kudus telah diperlihatkan kepada para pecinta dan pengamat mode di New York.

Sebenarnya, mengapa Denny memilih Batik Kudus untuk Pekan Mode New York? “Sejak September 2015 silam, saya memang tengah fokus pada koleksi Balijava dengan batik Kudus, mulai dari peragaan tunggal yang bertemakan ‘Pasar Malam’ di Hotel Kempinski beberapa waktu lalu, hingga koleksi Balijava saya tampilkan di NYFW 2016,” urainya.

Motif Batik Kudus, kata Denny, memiliki motif sederhana sehingga mudah untuk digubah dengan gaya rancang khas masing-masing koleksinya. “Motif batik kudus memiliki motif sederhana sehingga bisa saya aplikasikan dengan gaya design khas saya dan Model dari Balijava itu sendiri yang modern dan edgy, serta saya rasa bisa diterima oleh pasar Internasional seperti Amerika Serikat,” jelasnya.

“Untuk persiapan New York Fashion Week 2016 ini, saya bersama tim sudah menyiapkan koleksi semenjak Desember 2015 silam,” ujar Denny Wirawan, saat wawancara dengan Kompas Female. Persiapan tersebut, kata Denny, meliputi menciptakan rancangan terbaru Balijava Batik Kudus dengan matang.

Selain itu, Denny juga menyempatkan diri mengunjungi Kudus, Jawa Tengah, beberapa kali untuk berdiskusi dengan pembatik Kudus mengenai motif. Kunjungan tersebut, sebut Denny, juga dimanfaatkan untuk melihat hasil kerja para pembatik dan membuat lookbook dari koleksi terbaru Balijava Batik Kudus.

“Keseluruhan ini adalah komitmen saya dan tentunya Bakti Budaya Djarum Foundation, kami ingin tampil membanggakan membawa Batik Indonesia dan nama Indonesia ke ajang NYFW 2016,” imbuhnya. O one