Vespa Primavera Mengaspal di Indonesia

Nama Primavera, mengingatkan kita terhadap proyek prestasi PSSI berlatih di negara pizza Italia. Ya, saat itu bintang sepakbolanya adalah Kurniawan Dwi Julianto. Tapi sejauh ini, bagaimana catatan prestasi maupun kiprah proyek Primavera tersebut, hingga kini enggak jelas. Yang pasti, kini PSSI malah nonaktif di kancah sepakbola internasional.

Tapi Primavera miliki Vespa, punya sejarah beda. sepedamotor keluaran negara Italia itu, masuk pasar sepeda motor Indonesia atas prakarsa PT Piaggio Indonesia. Pembeli dapat memilih varian berdasarkan warna yang disediakan, yaitu Nero Vulcano, Azzuro Marechiaro, Rosso Dragon, Monte Bianco, dan Blu Midnight.

Setelah terlahir kembali pada ajang Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) atau lebih dikenal dengan sebutan the Milan Motorcycle Show ini, kini salah satu model ikonik Vespa, Primavera, resmi masuk ke Tanah Air. Vespa yang kali pertama diperkenalkan pada 1968 ini kembali membawa ciri khas sang legenda untuk menjadi pemimpin desain dan teknologi ultra modern.

Primavera terbaru ini mengadopsi sebagian dari gaya dan fitur teknis 946 sebagai model paling bergengsi, dan berteknologi canggih. Primavera mewarisi ekskusivitas, keanggunan 946, dan tetap mempertahankan semangat aslinya. Sebagai model Vespa sepanjang masa, motor ini tidak mengurangi kepraktisan dan kenyamanan Vespa untuk digunakan semua orang.

"Muda, inovatif, berkelas, dan dinamis adalah empat kata yang menggambarkan Primavera terbaru ini, yang tercermin dari desain, teknologi, dan warnanya. Primavera merupakan Vespa yang sangat modern, dirancang dengan keanggunan gaya yang eksklusif tanpa meninggalkan aspek kenyamanan," ujar Marco Noto La Diega, Managing Director PT Piaggio Indonesia, dalam siaran resminya..

Injeksi dan Irit

Primavera memiliki mesin 3 valve (tiga katup) ultra modern dengan sistem injeksi yang membantu meminimalisir konsumsi BBM hingga 64 km/liter pada kecepatan 50 km/jam. Model ini juga merupakan pilihan tepat bagi pengendara yang peduli terhadap lingkungan. Untuk Suspensi depan berlengan tunggal, fitur yang umum pada Vespa, serta peredam kejut aksi ganda pada suspensi belakang memastikan stabilitas berkendara. Dimensi roda 28 cm dengan rem tromol lebih besar menjamin keamanan, baik pengendara maupun penumpang.

"Vespa Primavera didesain untuk kaum muda, bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan Vespa dalam pencarian kebebasan. Primavera baru ini menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, berkilau, dan modern bagi para pecinta Vespa muda ini," tambah kata Pratiwi Halim, Marketing Director PT Piaggio Indonesia.

Penjualan Primavera mendominasi 40% total penjualan Vespa. Lantaran, dari sisi harga, Primavera berada di kelas medium. Primavera 150 3V IE A/T dijual seharga Rp37 juta, sementara Vespa Sprint, LX V, dan GTS dijual di atas Rp37 juta. Vespa termurah adalah tipe S 125 yakni Rp32 juta. Selain dari sisi harga, Vespa Primavera ini juga berkarakter unisex sehingga cocok digunakan untuk kaum pria maupun wanita. “Kalau tipe lain cenderung hanya untuk cewek atau cowok,” jelas Pratiwi. O one