Sambut Hari Armada 2017, Lanal Banten Laksanakan Sosialisasi Kemaritiman

Dalam rangka memperingati Hari Armada tahun 2017 Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banten Kolonel Laut (P) Rudi Haryanto, S.E memberikan Sosialisasi Kemaritiman kepada 100 Nelayan Karangantu yang bertempat di Sekolah BAPPL STIP Karangantu Jalan Raya Pancar Kecamatan Kasemen Kota Serang Propinsi Banten, Senin (13/11)

Kegiatan Sosialisasi Kemaritiman ini meliputi Bidang Perikanan, Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pengelolaan Ikan. Komandan Lanal (Danlanal) Banten Kolonel Laut (P) Rudi Haryanto mengatakan, sosialisasi ini merupakan program Tentara Nasional Indonesia Angkalan Laut (TNI AL) yang harus disampaikan kepada masyarakat pesisir laut atau para nelayan.

"Program pembinaan potensi maritim TNI AL yang dilaksanakan lanal Banten di wilayah Karangantu kali ini meliputi pengecetan musholah, pembuatan bak sampah, sosialisasi tentang kesehatan, sosialisasi tentang peduli keselamatan pelayaran serta pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis," papar Kolonel Laut (P) Rudi Haryanto.

Danlanal berharap, dengan adanya sosialisasi ini masyarakat nelayan memahami cara menangkap ikan dengan benar dan mampu melakukan penanganan hasil tangkapan dengan baik dan benar secara mandiri sehingga dapat mendorong nilai jual hasil tangkapan dengan harga tinggi."Dengan harga nilai jual yang tinggi diharapkan mampu meningkatkan kesehjahteraan bagi para nelayan," ujar Danlanal.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Banten memberikan bantuan life jacket kepada para nelayan guna melengkapi alat keselamatan berlayar bagi para nelayan. Hal ini sesuai dengan program yang telah digagas oleh Koarmabar yaitu Program Peduli Keselamatan Pelayaran sehingga para pengguna laut khususnya nelayan akan merasa lebih aman dalam melaksanakan aktivitasnya dilaut.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Sekolah BAPPL STIP Karangantu, Kepala UPP Karangantu, Kasatpolair Polres Serang Kota, Paspotmar Lanal Banten serta Danposmat Karangantu.

Seusai memberikan sosialisasi kepada para nelayan, Danlanal Banten meninjau kelokasi kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis serta dilanjutkan dengan pemberian sembako secara simbolis kepada masyarakat nelayan Karangantu.0 dispen armabar