Aksi Bersih Pantai Satgas Pelantara VII di Padang

Satuan Tugas Pelayaran Lingkar Nusantara VII (Satgas Pelantara VII) Saka Bahari TNI Angkatan Laut Sail Sabang 2017 melaksanakan aksi bersih pantai yang diselenggarakan oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang yang bekerja sama dengan Jasa Raharja beserta CSR dan peserta jajaran Dinas Kota Padang lainnya yang turut membantu dalam aksi tersebut, dan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Padang Bapak Amasrul Sabtu, (9/12/2017) di Pantai Muaro Lasak, Padang, Sumatera Barat.

Kegiatan aksi bersih pantai tersebut diawali dengan pembersihan pantai dan dilanjutkan dengan pelepasan 50 ekor Tukik (Anak Penyu) yang dipimpin oleh Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantamal) II Padang Kolonel Marinir Lasmono dan seluruh unsur yang terlibat.

Kegiatan bersih-bersih pantai bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan laut. Selain itu, aksi pembersihan sampah yang dilaksanakan Saka Bahari TNI Angkatan Laut dan berbagai unsur lainnya di Pantai Muaro Lasak ini juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam membangun budaya maritim dengan lebih mencintai lautnya.

Dalam sambutannya Dansatgas Pelantara VII Sail Sabang 2017, Letkol Laut (P) Sukrisno, S.T., M.Si.,mengatakan bahwa aksi bersih pantai yang dilaksanakan pada hari ini merupakan wujud rasa cinta Saka Bahari TNI Angkatan Laut pada keindahan dan kelestarian laut di Padang. "Sebelum kami melanjutkan perjalanan ke Bengkulu kami akan melaksanakan beberapa kegiatan di Padang ini, karena akan menjadikan pengalaman terbaik untuk penerus bangsa kita melalui Saka Bahari TNI Angkatan Laut dan segala unsur yang sudah turut membantu, semangat kemaritiman harus selalu berkobar", ungkap Dansatgas Pelantara VII Sail Sabang 2017.

Pada kesempatan tersebut dilanjutkan dengan pelepasan Tukik yang merupakan aksi sosial terhadap budidaya hewan laut. Pelepasan 50 ekor Tukik ini juga merupakan wujud pelestarian Penyu yang akan tetap terjaga hingga ratusan tahun ke depan. Selain itu adapun penyerahan bahan kontak dan penyerahan kunci pembangunan rumah tidak layak huni dari Satgas Pelantara VII Sail Sabang 2017.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Perwakilan Walikota Padang, Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E., M.H., para pejabat jajaran Lantamal II Padang, para pejabat jajaran KRI Banda Aceh-593, Forkopimda Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, Direktur Jasa Raharja, Kepala BUMN, para pejabat CSR, serta para rekan TNI-Polri Kota Padang.0 dispenal