Kolonel Laut (P) T.S.N.B. Hutabarat, MMS Jabat Danguspurlaarmabar

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Widodo, S.E., M.S.c., bertindak selaku inspektur upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguspurlaarmabar) dari Laksamana Pertama TNI (Laksma) TNI Didik Setiyono kepada Kolonel Laut (P) T.S.N.B. Hutabarat, M.MS., di Lapangan Arafuru, Markas Komando Koarmabar, Jalan Gunung Sahari 67, Jakarta Pusat, Kamis (9/10)

Pangarmabar dalam amanatnya mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan bagian penting dari proses estafet kepemimpinan agar organisasi menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Selaku komando pelaksana operasi, Guspurlaarmabar mempunyai tugas pokok melaksanakan operasi laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut. “Oleh sebab itu, Guspurlaarmabar harus mampu meningkatkan manajemen kinerja organisasi yang efektif dan efisien “, tambahnya. Bahkan ke depan, Guspurlaarmabar dituntut untuk mampu melaksanakan operasi yang menjangkau kawasan regional, termasuk Samudera Hindia. Hal ini sejalan dengan pencanangan paradigma baru TNI Angkatan Laut Kelas Dunia (World Class Navy)yang merupakan suatu visi untuk dijadikan pedoman dan arah pembangunan, baik pembangunan alutsista, personel, organisasi maupun kemampuan operasinya.

Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan, dihadapkan dengan berbagai keterbatasan, Guspurlaarmabar dapat menampilkan hasil kerja yang membanggakan. Hal itu tentunya tidak terlepas dari kepemimpinan Laksma TNI Didik Setiyono. Oleh karenanya dalam kesempatan ini Pangarmabar mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sedalam-dalamnya kepada pejabat Danguspurlaarmabar yang lama. Selanjutnya kepada Kolonel Laut (P) T.S.N.B. Hutabarat, M.MS. diucapkan selamat atas kepercayaan pemimpin TNI AL untuk menjabat sebagai Danguspurlaarmabar.

Mengkhiri amanatnya Pangarmabar menyampaikan beberapa atensi dan harapan sebagai pengantar tugas kepada pejabat yang baru: mantapkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, laksanakan tugas secara profesional dan proporsional sesuai koridor hukum perundang-undangan yang berlaku, tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan melaksanakan operasi dalam menyikapi perkembangan dan mengantisipasi setiap perubahan situasi yang terjadi di lapangan, kembangkan inovasi untuk menampilkan hal-hal atau kreasi baru dalam menunjang kepentingan tugas dan kemajuan organisasi, serta bangun sinergi dengan sesama instansi pemerintah maupun segenap komponen masyarakat demi kelancaran pelaksanaan tugas Guspurlaarmabar.

Hadir dalam upacara sertijab tersebut antara lain Danguskamlaarmabar Laksma TNI Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., Danlantamal I Belawan Laksma TNI Pulung Prambudi, Danlantamal II Padang Laksma TNI I Nyoman Nesa, Danlantamal III Jakarta Laksma TNI Aguk Dwi Wahyu, WU., S.E., Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI Sulistyanto, M.Sc., para Pejabat Utama Koarmabar serta deputasi pasukan Perwira, Bintara, Tamtama maupun PNS jajaran Koarmabar.0.dispenkoarmabar