Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto: Jadilah Pemimpin Yang Amanah dan Bertanggungjawab

Menjadi pemimpin yang amanah dan bertanggungjawab adalah orang yang mampu menjaga titipan atau dapat dipercaya dalam arti terkandung kejujuran. Ada ungkapan “mencari orang pandai itu mudah, tetapi mencari orang yang amanah itu sulit”, demikian disampaikan Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto pada saat memberikan ceramah pembekalan kepada 117 Taruna Taruni Tingkat IV di Ruang VIP AAU, Rabu (7/6).

Lebih lanjut Mantan Kasau, Panglima TNI dan Menkopolhukam ini menyampaikan bahwa dalam pemahaman tentang amanah dan tanggungjawab beberapa sifat yang harus dimiliki menjadi pemimpin adalah Integritas dan konsistensi yang tinggi yaitu perpaduan dari keteguhan watak, prinsip moral, suka kebenaran, tulus hati dan beretika. Yang kedua adalah pengetahuan yaitu pemimpin adalah pencetus ide, perencana, pemberi semangat, pengawas dan pemberi rasa aman. Ketiga adalah Keberanian (Courage) yaitu kualitas mental seseorang mengenai rasa takut atau bahaya tetepai tetap mengahadapi dengan tenang dan tegas. Ke empat adalah Inisiatif adalah kemampuan melihat apa yang seharusnya dikerjakan, dan berpikir jauh ke depan. Kelima adalah Kebijaksanaan atau Wisdom yaitu kemampuan pikiran untuk berkata dan berbuat hal yang tepat pada saat yang tepat. Keenam adalah Adil (justice) yaitu kualitas dari sikap yang tidak memihak dan konsekuen menjalankan perintah, Ketujuh adalah Komunikasi yaitu bagian dari upaya mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang diinginkan.Yang terakhir adalah Kepercayaan (Trust) yaitu terkait dengan kesetiaan terkait dengan kerjasama internal.

Mengakhiri pembekalan Marsekal TNI (Pur) Djoko Suyanto menyampaikan sebuah kutipan kalimat Robert Toru Kiyosaki “The day you stop learning is the day you start dying” Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses tapi jadilah orang yang bernilai.Do Your Best Lets God to do The Rest.

Hadir dalam kegiatan pembekalan tersebut Gubernur AAU Marsda TNI Iman Sudrajat, SE, Para Pejabat List A AAU, Komandan Skadtar IV AAU dan para pengasuh AAU.0 dispenau