Situs Chat Habib Rizieq Disebut dari AS, Ferry Koto: Konyol Sekali! Didengar FBI, Malu Kita

KAPOLDA Metro Jaya Irjen M Iriawan mengungkapkan, penyebar pertama konten percakapan berunsur pornografi yang diduga antara Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein, berasal dari kelompok peretas dari Amerika.

“Pertama kali muncul situs ‘baladacintarizieq’ itu dari luar, dari Amerika, ada Anonymous. Kami sedang lakukan penelusuran karena berlapis-lapis,” kata M Iriawan kepada wartawan (08/06).

Aktivis sosial media yang juga pakar pendidikan Ferry Koto menyebut alasan itu sebagai hal yang konyol. “Makanya konyol sekali ya. Di dengar @FBI, malu kita,” tulis Ferry Koto di akun Twitter @ferrykoto.

@ferrykoto meretweet cuitan akun @Srigalapagi sebelumnya: “Iseng banget ..nyadap Riziq sampai ke USA…ngak di Planet Mars sekalian..hahaha.”

Sebelumnya, pakar IT Nonot Harsono mendesak kepolisian bisa memberikan tranparansi pada masyarakat perihal kasus Habib Rizieq ini. Supaya tidak akan terus menimbulkan spekulasi atau kemungkinan-kemungkinan yang justru memecah masyarakat sendiri.

Kepada republika (08/06), Nonot menegaskan bahwa jika berbicara soal website yang berawal dari Amerika, maka akan menjadi rancu. Menurut Nonot, chatting Whatsapp tersebut harusnya dijelaskan terlebih dulu bisa disadap dari handphone atau komputer.

Jika handphone, kata Nonot, maka dinilai telah melecehkan Whatsapp. Karena Whatsapp telah dilengkapi dengan enkripsi, dan mereka akan dianggap tidak bisa menjaga privasi penggunanya.

Lalu jika dari situs, jelas dia, mengapa dari sekian juta pengguna Whatsapp di dunia. hanya Habib Rizieq dan Firza yang terpilih disadap.0 int