Polisi Didesak Usut Tuntas Aktor di Balik Kelompok Saracen

KEPOLISIAN harus mengusut tuntas pihak-pihak yang selama ini berada di balik kelompok Saracen. Menurut Komisi I DPR RI, Muhammad Afzal Mahfuz, menangkap Saracen saja tidak akan banyak berpengaruh dalam membendung merebaknya info hoax, hate speech maupun SARA di medsos jika polisi tidak mengungkap dalang dan donatur di balik mereka.

“Sindikat seperti Saracen ini pasti banyak dan mudah sekali dibentuk. Satu ditangkap, seribu Saracen akan dengan mudah muncul kembali apabila polisi tidak mengungkap tuntas siapa kelompok atau pihak-pihak yang berada di balik mereka,” katanya dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Kamis (24/8).

Anggota komisi yang membidangi komunikasi dan informatika ini, menambahkan bahwa akibat kegiatan mereka, banyak pihak yang menjadi korban. Bukan hanya pemerintah sekarang, tapi juga termasuk DPR dan bahkan kelompok-kelompok masyarakat.

Presiden RI ke-6 yang sekaligus Ketua Umum Demokrat, SBY, juga sering menjadi korban kejahatan mereka.

“Digambarkan seolah-olah SBY itu bermusuhan dengan Presiden Jokowi. Padahal tidak sama sekali,” imbuh Afzal yang juga politisi Demokrat ini.

Apapun motifnya, tegasnya, tindakan yang dilakukan oleh kelompok Saracen sangat berbahaya karena berpotensi menciptakan konflik dan memecah belah bangsa.

“Karenanya saya mendesak agar Polisi dapat bekerja cepat dalam mengungkap orang-orang di belakang Saracen,” pungkasnya.

Sebelumnya, polisi berhasil mengungkap dan menangkap sindikat Saracen, kelompok yang selama ini selalu menyebar info hoax, hate speech dan SARA di media sosial.0 rmo