Kunjungi Kodam Jaya, Anies-Sandi Bahas Pengamanan Asian Games 2018

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengunjungi Markas Kodam Jaya di Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (24/10/2017). Anies-Sandi diterima Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi beserta jajarannya.

Seusai pertemuan, Sandi menjelaskan bahwa mereka berkoordinasi soal kesiapan Asian Games 2018. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meminta bantuan Kodam Jaya untuk mengamankan ajang kompetisi Asian Games tersebut.

"Jadi kesiapan Asian Games akan menjadi suatu prioritas dari kerja sama kita dengan temen-temen yang ada di Kodam Jaya," ujar Sandi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata Sandi, tidak ingin ada kendala yang menghambat pelaksanaan Asian Games. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Kodam Jaya untuk memastikan keamanan perhelatan olahraga itu.

"Kita harus pastikan keamanannya maupun persiapan untuk pelaksanaan Asian Games tidak menemui kendala yang berarti kalau kita bisa bersinergi, berkoordinasi, untuk mempersiapkan, mengonsolidasikan, semua kesiapan," kata Sandi.

Anies menyebut kunjungan mereka ke Kodam Jaya merupakan ajang untuk silaturahmi dan langkah awal kerja sama kedua pihak di bawah kepemimpinan Anies-Sandi. Pemprov DKI Jakarta dan Kodam Jaya akan meningkatkan kerja sama mereka.

Dalam pertemuan tersebut, Anies dan Sandi juga berterima kasih kepada Jaswandi dan jajarannya yang selama ini telah menjaga keamanan Ibu Kota.

"Termasuk masa-masa di mana kita merasakan ada suasana ketegangan, TNI khususnya Kodam Jaya hadir dan memastikan bahwa suasana kondusif untuk kegiatan bermasyarakat, berekonomi, dan lain-lain," ujar Anies dalam kesempatan yang sama.

Selain menemui Kodam Jaya, Anies menyebut mereka juga akan menemui Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz dalam waktu dekat. Pada awal kepemimpinannya, Anies-Sandi akan menunjungi instansi pemerintah yang tergabung dalam forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda).

"Kita akan mengunjungi juga Kepala Kepolisian Metro Jaya. Nanti waktunya sedang diatur yang cocok," ucap Anies.

Sebelum menemui Jaswandi, Anies-Sandi juga telah menemui Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Tony Spontana di Kantor Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada pekan lalu.0 kp