MISI MUSTAHIL BELANDA

Para pecinta sepakbola di Belanda, maupun pendukung timnas Belanda saat ini tengah was-was. Mereka sedang terbayang mimpi buruk menyaksikan pementasan Piala Eropa 2016 tanpa kehadiran tim kesayangan mereka, Der Orange.

Ya, Belanda memang sedang berada di titik nadir dalam keikutsertaan mereka di Euro 2016, Prancis. Mereka kini masih tercecer di peringkat ke-4 klasemen sementara grup A Kualifikasi Euro 2016. Dengan poin 10, Memphis Depay rasanya tidak mungkin bisa lolos langsung karena berjarak 9 poin dengan Islandia dan Rep Ceko yang berada di dua teratas.

Dengan dua laga sisa (Kazakhstan dan Rep Ceko) mustahil bagi Belanda lolos langsung. Satu-satunya jalan hanya bisa lolos lewat jalur play off, itupun harus melewati jalan yang lebarnya hanya selubang jarum. Mereka harus bersaing dengan Turki yang kini unggul dua poin di atas mereka.

Namun, bukan berarti Belanda tidak punya peluang. Mereka harus menang di dua laga tersebut. Sembari berharap Turki terpeleset di laga sisa. Turki akan melawan Islandia dan Rep Ceko pada laga sisa.

Harus menyapu bersih dua pertandingan sisa salah satunya melawan Kazakhstan, Belanda sendiri tidak akan melaju dengan mudah. Lini depan mereka sedang tumpul. Dua laga terakhir mereka gagal mencetak gol. Robin van Persie dan kolega begitu jinak saat berada di depan gawang lawan.

Inilah yang harus diperbaiki oleh Dany Blind, pelatih timnas Belanda. Mereka butuh penyerang yang tajam. Sementara untuk lini tengah Blind bisa berharap banyak pada anaknya, Daley Blind.Bersama Sneijder, Blind bisa diandalkan untuk menggalang kekuatan di lini tengah.

Sementara itu, terkait dengan Kazakhstan sejatinya bukan lawan yang berat bagi Belanda. Mereka sejauh ini belum pernah menang di babak kualifikasi. Prestasi terbaik mereka hanya meraih dua kali hasil imbang.

Well, kendati Belanda di atas kertas bisa menang dengan mudah, mereka tetap tidak boleh lengah. Lengah sedikit tiket ke Prancis akan melayang. O jon

Laga Head To Head Kazakhstan vs Belanda:

11/10/14 Belanda 3 - 1 Kazakhstan

Lima Laga Terakhir Kazakhstan:

07/09/15 Islandia 0 - 0 Kazakhstan

04/09/15 Rep Ceko 2 - 1 Kazakhstan

12/06/15 Kazakhstan 0 – 1 Turki

12/05/15 Kazakhstan 0 – 0 Burkina Faso

01/04/15 Rusia 0 – 0 Kazakhstan

Lima Laga Terakhir Belanda:

07/09/15 Turki 3 - 0 Belanda

04/09/15 Belanda 0 - 1 Islandia

13/06/15 Latvia 0 - 2 Belanda

06/06/15 Belanda 3 - 4 Amerika Serikat

01/04/15 Belanda 2 - 0 Spanyol

Prakiraan Susunan Pemain

Kazakhstan (4-4-2): Mokin (gk); Smakov, Gorman, Abdulin, Logvinenko; Shomko, Konysbaev, Islamkhan, Tagybergen; Khizhnichenko, Lunin.

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen (gk); Van der Wiel, Bruma, De Vrij, Willems; Afellay, Wesley Sneijder, Daley Blind; Memphis Depay, Wijnaldum, Klaas Jan Huntelaar.

Prediksi skor Koran Kota.co.id : Kazakhstan 0-3 Belanda