Ajax Ubah Nama Amsterdam ArenA Jadi Johan Cruyff ArenA

Ajax mengumumkan bakal mengubah nama Amsterdam ArenA menjadi Johan Cruyff ArenA. Langkah ini diambil sebagai penghormatan terhadap legenda sepakbola Belanda dan Ajaz, Johan Cruyff yang meninggal pada Maret 2016 lalu karena kanker. Sebelumnya, Barcelona memberikan tribut pula kepada Cruyff dengan melekatkan nama sang maestro untuk stadion mini klub satelit mereka, Barcelona B.

Meskipun Johan Cruyff sudah meninggal lebih dari setahun lalu, kenangan yang ditinggalkannya untuk sepakbola bakal tetap kekal abadi. Sosok yang terkenal dengan total football itu menjadi soko guru kecemerlangan Belanda, yang sukses memberikan final Piala Dunia 1974 untuk Oranje. Cruyff juga menjadi ikon penting Ajax Amsterdam yang menjadi juara Liga Champions tiga kali di era 1970-an.

Tidak hanya sukses di Ajax dan Belanda, Johan Cruyff juga begitu harum ketika berada di Barcelona. Sebagai pelatih, ia mengangkat klub asal Catalonia itu menjadi tim terkuat Eropa pada awal era 1990-an, dengan julukan The Dream Team. Cruyff pula yang menjadi peletak dasar akademi La Masia. Plus memberikan gelar Liga Champions untuk Barca pada tahun 1992.

Maret tahun lalu, Johan Cruyff telah berpulang setelah berjuang keras melawan penyakit kanker yang dideritanya. Namun, Ajax Amsterdam resmi mengawetkan namanya dalam stadion mereka. Jika sebelumnya stadion ini bernama Amsterdam ArenA, kini stadion tersebut bernama Johan Cruyff ArenA.

Ajax menyampaikan pengumuman, bahwa dewan klub Amsterdam tersebut sudah bersepakat dengan walikota Amsterdam, dan anggota dewan kotapraja, untuk melakukan perubahan ini.

“Para pihak terkait yakin bahwa dengan cara inilah keadilan ditegakkan atas kenangan terhadap Johan Cruyff, dan semua pihak mengungkapkan harapan bahwa Johan Cruyff ArenA akan menjadi inspirasi bagi pemain dari seluruh dunia.”

Tidak hanya perubahan pada nama stadion. Akan ada pula pelekatan nama Johan Cruyff pada jalan, persimpangan, jembatan, atau fitur lain di kota Amsterdam.

Langkah Ajax Asmterdam ini menyusul Barcelona, yang sebelumnya menamai stadion tim cadangan mereka jadi ‘Estadi John Cruyff’ mulai Maret 2017 lalu. O jon