Dick Advocaat Kembali Tangani Timnas Belanda

KNVB selaku Federasi Sepakbola Belanda secara resmi telah menunjuk Dick Advocaat sebagai pelatih baru Timnas Belanda menggantikan Danny Blind. Menariknya, ini adalah kali ketiga Advocaat dipilih sebagai pelatih tim nasional negaranya dan membuat KNVB seperti tak punya pilihan lain akan sosok pelatih berkualitas untuk membimbing Belanda menuju prestasi yang lebih baik.

Der Oranje memang dituntut untuk cepat menemukan sosok pelatih baru setelah mereka memutuskan untuk memecat Blind pada Maret lalu. Adalah hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang membuat Blind harus dipecat dari jabatannya dimana peluang Belanda untuk lolos ke Rusia menjadi kecil.

Nama Advocaat sendiri sebelumnya sudah pernah ditunjuk sebagai pelatih Belanda pada tahun 1992-1994 dan 2002-2004. Sayangnya, tidak ada prestasi besar yang bisa ditorehkan oleh pelatih yang kini berusia 69 tahun tersebut dan pastinya akan menjadi sebuah tugas berat nan besar baginya untuk bisa meloloskan Belanda ke Piala Dunia 2018 nanti.

“Saya sangat senang dengan penunjukkan Advocaat dan Ruud Gullit (sebagai asisten pelatih). Kami punya dua pilihan yakni untuk jangka panjang atau hanya jangka pendek dengan mengejar tempat di Piala Dunia 2018 saja. Dan pada akhirnya kami memilih opsi kedua karena kami butuh sosok berpengalaman,” terang Hans van Breukelen, Direktur Olahraga KNVB.

Sebelumnya nama Henk ten Cate menjadi opsi yang cukup ramai diperbincangkan oleh media Belanda. Namun sayangnya, Ten Cate lantas menolak hal tersebut karena ia merasa tidak mendapatkan dukungan dari federasi yang lantas membuka peluang besar bagi Advocaat untuk terpilih kali ketiga menjadi pelatih timnas.

“Saya tidak pernah menjanjikan apapun pada Henk. Padahal, ia sendiri juga tahu bahwa saya masih melakukan pembicaraan dengan Dick. Dan ketika Fred Rutten dikabarkan akan menjadi asisten Henk jika ia terpilih, maka pilihan saya sudah jelas jatuh pada Dick,” tutup Van Breukelen. O jon