Real Madrid Rebut Duo Decima, Akhiri Kutukan 27 Tahun Milik AC Milan

Real Madrid resmi merebut Duo Decima alias gelar ke-12 mereka di Liga Champions sepanjang sejarah. Tidak hanya itu, berkat kemenangan 4-1 atas Juventus pada laga hari Minggu, 4 Juni 2017, Los Blancos juga mengakhiri kutukan 27 tahun bahwa juara bertahan Liga Champions tidak pernah bisa menjaga gelar mereka. Terakhir kali ada tim yang mampu meraih gelar back to back adalah AC Milan pada tahun 1989 dan 1990.

Real Madrid seolah tercipta untuk memecahkan sejarah. Rasanya baru kemarin Los Blancos menjadi tim pertama yang mampu merebut 10 gelar Liga Champions alias La Decima. Namun hanya berselang tiga tahun sejak memori emas pada 2014 tersebut, Madrid menambah dua trofi lagi di kompetisi paling elite Eropa ini. Los Blancos menjadi pemenang pada tahun lalu dengan menumbangkan Atletico Madrid; dan kembali juara tahun ini menyikat Juventus.

Dalam 27 tahun terakhir, tidak ada satupun tim juara yang bisa mempertahankan gelar mereka di tahun berikutnya. Yang terakhir kali merasakannya adalah AC Milan. Pada tahun 1989, tim ini menenggelamkan Steaua Bucuresti 4-0. Selang setahun, Milan menikam wakil Liga Portugal Benfica dengan skor lebih tipis, 1-0.

Beberapa percobaan dilakukan. Misalnya, AC Milan pada 1995. Berstatus juara musim sebelumnya, kala melumat Barcelona 4-0, Rossoneri bisa kembali ke final tahun berikutnya. Tapi mereka dihajar oleh Ajax Amsterdam 1-0.

Setahun berselang, kejadian yang sama menimpa Ajax. Mereka gagal mempertahankan gelar meski menembus final. Wakil Liga Belanda itu digulingkan oleh Juventus dalam drama adu penalti. Sialnya, penyakit Milan dan Ajax ternyata merembet juga kepada Bianconeri. Juventus yang juara Liga Champion 1996, disikat oleh Borussia Dortmund dengan skor 3-1 di final tahun berikutnya.

Percobaan selanjutnya dilakukan oleh Manchester United pada 2009. Tahun sebelumnya mereka menyikat Chelsea dalam drama adu penalti di Luzhniki, Rusia. Tapi, di final 2009, Setan Merah malah dipecundangi Barcelona dengan skor 3-1.

Kesempatan berikutnya baru datang tahun ini. Real Madrid yang tahun sebelumnya membunuh Atletico, datang lagi untuk menikam Juventus 4-1. Dan sementara Madrid merasakan gelar ke-12 mereka, Juve harus terima kenyataan, gagal di final Liga Champions dalam lima percobaan beruntun. O jon