Toulon Tournament 2017: Brasil Kewalahan Tundukkan Indonesia

Tim Nasional Indonesia U-19 menelan kekalahan atas Brasil pada laga perdana penyisihan grup C Toulon Tournament 2017. Meski demikian, Tim Samba hanya mampu menang 1-0 lewat gol tunggal yang dilesakkan Gabriel Novaes, Kamis (1/6) dini hari.

Bermain di Stade D'Honneur, pelatih Indra Sjafri menurunkan formasi andalannya 4-3-3 dengan memainkan Egy Maulana Vikri, Hanis Sagaha Putra, dan Feby Eka Putra di lini depan. Sementara di lini tengah, ada Witan Sulaeman yang mampu tampil baik.

Alhasil, permainan Indonesia mampu mengimbangi Tim Samba, bahkan tak jarang Marquinhos Cipriano dan kolega dipaksa menunggu bola yang dikuasai Garuda Muda.

Indonesia mendapatkan peluang pertama pada menit ke-33. Pergerakan menusuk dilakukan Rifad Marasabessy yang bekerja sama dengan Egy. Tapi kerja sama mereka dihalau pemain belakang Brasil.

Skuat asuhan Carlos Amadeu baru bisa unggul 1-0 pada menit ke-37 melalui Novaes. Pemain Luverdense ini mampu memanfaatkan bola rebound dari Emerson yang tak mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Indonesia, Muhammad Riyandi.

Pada babak kedua, Indonesia nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-51. Umpan pendek yang diterapkan skuat Garuda Muda ini mampu meloloskan Sulaeman dari posisi offside. Kemudian ia mendorong bola hingga ke jantung pertahanan, tapi tembakannya masih membentur pojok mistar gawang Brasil Phelipe. Skor 1-0 untuk Brasil bertahan hingga usai.

Menanggapi kekalahan itu, Indra tetap mengaku skuatnya masih adaptasi. Selain itu, perjalanan panjang menuju Prancis membuat anak asuhnya jetlag.

"Pemain belum 100 persen adaptasi. Serta kondisi mereka masih jetlag," kata Indra.

"Anak-anak sudah bermain bagus, serta secara permainan kita masih bisa lebih baik lagi. Kekurangan yang ada akan kami perbaiki agar lebih baik lagi melawan Ceko," sambung pria berdarah Minang itu.

Setelah laga ini, Indonesia akan menghadapi Republik Ceska pada Sabtu 3 Juni. Tiga hari berselang giliran Skotlandia yang menjajal pasukan Indra Sjafri. O jon