DESCHAMPS BONGKAR-PASANG SKUAT PERANCIS

Masalah cedera membuat Pelatih timnas Perancis, Didier Deschamps pusing. Ia harus bolak-balik memutar otak untuk membongkar-pasang skuatnya.

Setelah dua pemain andalannya absen, Jeremy Mathieu dan Raphael Varane, absen lantaran cedera, Deschamps sempat memasukkan Lassana Diarra. Namun belakangan, Diarra juga dipastikan tak bisa memperkuat timnas Perancis di Piala Eropa 2016. Pasalnya, gelandang Marseille itu mengalami cedera lutut kiri.

Cedera memar lutut kiri sebenarnya sudah dialami Diarra sebelum Deschamps memasukkan namanya dalam daftar 23 pemain Les Bleus. Namun, pemain yang pernah merumput di Arsenal itu terpaksa tak bisa meneruskan misinya bersama timnas Perancis.

Pelatih berusia 47 tahun itu pun memanggil gelandang Manchester United, Morgan Schneiderlin, yang diplot untuk menggantikan Diarra. Langkah ini terpaksa dilakukan Deschamps sebagai pertaruhan dengan memasukkan Schneiderlin yang belum banyak berpengalaman di timnas Perancis. Pemain berusia 26 tahun itu tercatat baru melakoni 13 laga internasional bersama Les Bleus.

Jika menilik karakter permainan, keduanya memiliki tipe sedikit berbeda meski sama-sama sebagai gelandang. Diarra cenderung bermain dengan posisi yang tak meninggalkan pos dalam bertahan di lini tengah. Sedangkan Schneiderlin bermain lebih eksploratif, terkadang membantu serangan meski perannya untuk bertahan.

Sebelumnya, Deschamps juga memasukkan nama seperti Adil Rami dan Samuel Umtiti. Mereka menggantikan dua pemain yang absen, Mathieu dan Varane di skuat Perancis.

Sementara itu, rekan Schneiderlin, Anthony Martial, juga masih mengalami cedera dan absen pada laga uji coba antara timnas Perancis melawan Kamerun, di Nantes. Ada laporan bahwa striker Manchester United itu juga bakal absen di Piala Eropa nanti. O jon