TERSANGKUT KASUS PAJAK, RONALDO TINGGALKAN MADRID

Cristiano Ronaldo segera meninggalkan Real Madrid karena terjerat kasus pajak. Demikian headline harian olahraga utama Portugal, A Bola.

Bintang yang pernah bermain untuk Manchester United tersebut gerah dengan tudingan bahwa dirinya menggelapkan pajak hampir 15 juta Euro. Merasa Real Madrid tidak cukup melindunginya, kini CR7 tidak ragu untuk mengambil langkah ekstrem: pergi dari Santiago Bernabeu.

Tiga hari lalu, dunia dibuat tersentak dengan laporan bahwa jaksa penuntut umum di Spanyol membidik Cristiano Ronaldo terkait penggelapan pajak. Tidak tanggung-tanggung,CR7 diduga menggunakan trik licik untuk menghindari pajak dalam kurun waktu tahun 2011 hingga 2014. Angkanya bahkan nyaris empat kali lebih banyak daripada yang dituduhkan kepada Lionel Messi (Barcelona), sang rival abadi.

Ini pukulan telak bagi Cristiano Ronaldo. Pasalnya, tahun ini ia baru saja mengumumkan ‘kebersihan dan ketertibannya’ dalam membayar pajak. Nyatanya, trik yang dilakukan tim Ronaldo t erendus juga oleh otoritas Spanyol. CR7 diyakini kuat menggunakan dua perusahaan di Virgin Islands dan Irlandia untuk ‘mencuci uang’ dari hak image-nya sehingga fulus sang bintang aman dari ancaman tergerus pemotongan pajak.

Jika klaim A Bola bahwa Cristiano Ronaldo bakal hengkang ini benar, pasti bakal terjadi keriuhan. Pasalnya A Bola menyebut “keputusan Ronaldo itu tidak dapat dibatalkan”. Real Madrid jelas bakal kehilangan sang nomor 7, yang menjadi kunci keberhasilan mereka merebut gelar Liga Spanyol dan Liga Champions. Madrid juga akan melepas seseorang yang kemungkinan meraih jumlah Ballon d’Or yang sama dengan Lionel Messi –lima– tahun ini.

A Bola menyebutkan, Cristiano Ronaldo sudah berkomunikasi dengan Florentino Perez tentang keputusannya ini. Ronaldo melihat, Real Madrid tidak cukup membantu untuk membersihkan namanya yang terlanjur tercoreng. Namun, Perez tentu tidak mau kehilangan sang bintang; yang membantunya meraih tiga gelar Liga Champions dalam empat musim terakhir.

Jika Cristiano Ronaldo pergi, maka ada dua klub yang paling mungkin mendapatkannya. Yaitu, Manchester United dari Liga Inggris, dan PSG dari Liga Prancis. O jon