ITALIA VS SWEDIA: MENGUJI MENTALITAS AZZURRI

Italia akan meghadapi Swedia di San Siro pada Selasa (14/11) dini hari WIB. Laga ini akan jadi penentu langkah kedua tim ini menuju Piala Dunia tahun depan.

Di leg pertama lalu, Italia harus mengakui keunggulan Swedia di Stockholm dengan skor tipis 1-0. Untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia, Gli Azzurri butuh kemenangan minimal 2-0. Di laga inilah mental Gianluigi Buffon dan kolega bakal diuji.

Jika gagal menang di leg kedua ini maka Italia akan menyamai torehan buruk di tahun 1958. Kala itu mereka gagal berangkat ke Swedia di Piala Dunia tahun tersebut. Sejauh ini Piala Dunia 1958 adalah satu-satunya edisi perhelatan sepakbola FIFA yang tak ada Italia di dalamnya.

Pasukan Gli Azzzurri tentu tak menginginkan hal itu. Mereka memiliki kapasitas yang lebih dari cukup untuk setidaknya menang 2-0 atau lebih melawan Swdedia di leg kedua nanti. Meski akan berlangsung sengit dan ketat, Italia diprediksi akan menang dengan skor minimal 2-0 di laga ini dan menyusul negara-negara lain ke Rusia tahun depan.

Untuk memenuhi target tersebut, pelatih Gian Piero Ventura harus mengubah skema dan strategi permainan timnya. Salah satu perubahan yang paling vital adalah lebih mengoptimalkan peran Marco Verrati.

Bintang Paris Saint-Germain ini tampil tak begitu baik di leg pertama lalu. Ia bahkan tak tampil penuh karena digantikan Lorenzo Insigne pada menit ke-76. Meski tak jarang bermain angin-anginan kala memperkuat tim nasional, Verratti tetaplah Verratti dengan kemampuan membagi bola dan menjaga ritme yang amat baik. Di laga yang akan digelar di San Siro nanti, pemain berusia 24 tahun itu diprediksi akan diturunkan sejak awal laga.

Di sisi lain Swedia, yang tengah ada di atas angin tak mau jumawa. Unggul agregat sementara 1-0 atas tim seperti Italia bukanlah hal yang bisa dianggap aman. Tim berjuluk Bl├ągult alias si Kuning-Biru ini harus fokus selama pertandingan jika ingin menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2018 setelah di tahun 2014 lalu gagal.

Jakob Johannsson yang menjadi pencetak satu-satunya gol kemenangan Swedia atas Italia di leg pertama lalu bisa kembali membawa petaka bagi Italia di leg kedua nanti.

Gelandang AEK Athens ini hanya memulai laga dari bangku cadangan dan masuk di babak kedua pada leg pertama lalu. Namun, setelah gol yang ia ciptakan di laga tersebut bukan tak mungkin gelandang 27 tahun ini akan menjadi starter di San Siro dan kembali membawa keberuntungan bagi Swedia. O/jon

Prakiraan Susunan Pemain:

Italia: Buffon, Barzagli, Bonucci, Chiellini, Candreva, Parolo, De Rossi, Verratti, Bernardeschi, Eder, Immobile.

Swedia: Olsen, Krafth, Lindelof, Granqvist, Augustinsson, Laesson, Larsson, Johansson, Forsberg, Toivonen, Berg.

Prediksi skor korankota.co.id : Italia 3-1 Swedia