Pantes Tenang

JUNED (bukan nama sebenernya) terpaksa nganter empoknya, Siti, yang sakit ke kampung halamannya di daerah Metro, Lampung. Warga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, itu terpaksa minta izin ama taukenya, yang buka toko kagak jauh dari lampu merah.

"Haiya, kemalen elu abis izin, sekalang izin lagi. Haiya, owe wisa lugi," omel taukenya.

"Tetapi, Koh, keadaan gawat banget. Empok saya sakit parah. Lakinya minggat, adek lelakinya saya doang. Kalo engkoh enggak ngizinin, biarin deh saya keluar," ancem Juned, yang rada panik.

"Haiya, jangan wegitu. Gini aja, elu tetep kelja di sini tapi gaji lu owe potong ya? Adil 'kan? Elu kagak kelja, jadi kagak dapet gaji," kata taukenya, yang romannya takut kehilangan Juned. Maklum, dah, Juned orangnya jujur dan rajin. Jaman sekarang, sang tauke susah nyari pekerja seperti itu.

Singkat kata, Juned dan Siti udah nyampe Bakauhuni, Lampung. Mereka nyambung naek bis ke Rajabasa. Sesampenya di Rajabasa, mereka digiring naek Angkot jurusan Metro.

"Bang, kok, enggak jalan-jalan?" tanya Juned.

"Sabar, Mas, nunggu penuh," jawab seorang calo.

"Tapi kita 'kan udah nunggu sejak Magrib tadi. Sekarang udah jam 8, kok, belon berangkat juga? Kakak saya sakit nih," tangkis Juned.

"Kalo enggak suka, cari mobil laen aja. Jangan lupa, elu tetep musti bayar tarip dari Rajabasa ke Metro," ancem preman berambut gondrong dan tekcun (ketek beracun) itu.

Juned dongkol. Mubil baru jalan sekitar jam 11 malem. Juned bayar ongkos seperti biasa tapi calo itu minta lebih.

"Sepuluh ribu lagi. Ini tarip lebaran," kata itu calo.

"Yah, Bang, kagak ada lagi," kata Juned.

"Kagak bisa. Sepuluh ribu lagi atau elu turun."

Siti yang tidur di bangku paling belakang nyodorin selembar sepuluh ribuan. Duit itu buru-buru disamber oleh calo, tanpa sempet dicegah Juned.

"Yah, Mbak Siti. Jangan, Mbak, entar jadi kebiasaan," kata Juned, kesel.

"Udah biarin aja," jawab Siti, tenang.

Mobil pun berangkat. Sesampenya di Metro, Juned cerita pada keluarganya bahwa ongkos naek. Di Rajabasa, mereka dikompas Rp10.000 oleh calo. Juned menganggap Siti telah bertindak bodoh.

"Goblok kok dipelihara," omel Juned.

"Enggak apa-apa. Itu cuma duit palsu, kok. Kamu mau, nih?" kata Siti sembari nyodorin beberapa lembar duit sepuluh ribuan.

"O, begitu, kirain duit asli. Pantesan, Mbak Siti tenang-tenang aja," kata Juned sembari ngebulak-balik duit sepuluh ribuan yang cetnya luntur itu. Duit itu diperoleh Siti dari pelanggannya yang nakal. Siti adalah pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama. O jebod