oleh

Pimpinan Komisi IV Dukung Menteri KKP Setop Tenggelamkan Kapal ala Susi

 Wakil Ketua Komisi IV yang bermitra dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung kebijakan Menteri KKP Edhy Prabowo yang tidak lagi melanjutkan penenggelaman kapal pencuri ikan. Penenggelaman kapal dinilai hanya menghamburkan anggaran.

“Sudah benar dan tepat itu, dan tentu akan menguntungkan nelayan dong. Penenggelaman itu semangatnya adalah shock theraphy, bukan terus-terusan yang menghamburkan anggaran karena penenggelaman itu tidak murah biayanya,” kata Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Menurut Daniel, dana yang digunakan untuk penenggelaman kapal itu lebih baik dialokasikan untuk hal lain, seperti pembangunan tol laut. Politikus PKB itu pun mengaku sangat mendukung kebijakan Edhy Prabowo.

“Lebih baik dihibahkan untuk koperasi plasma nelayan atau dihibahkan untuk memperkuat tol laut. Sangat (mendukung kebijakan Edhy Prabowo), biar laut juga tidak tercemar,” ujar Daniel.

Daniel Johan / Foto: MPR

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan tak akan menghentikan penenggelaman kapal maling ikan seperti pendahulunya, Susi Pudjiastuti. Tapi dia tidak mau fokusnya hanya penenggelaman kapal.

Dia juga mempertimbangkan agar kapal-kapal ilegal yang disita Kejaksaan Agung diberikan untuk nelayan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kalau jargon penenggelaman kapal terus yang kita lakukan sementara pembinaan kepada nelayan dan pembudidaya ikan kita juga nggak ada, nggak jalan nggak ada gunanya,” kata Edhy di Menara Kadin, Jakarta, Senin (18/11).

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *