oleh

Belajar Penanganan Konflik, Panglima Angkatan Darat Thailand Kunjungi Aceh

Panglima Angkatan Darat (AD) Kerajaan Thailand (Panglima Royal Thailand Army/RTA), General Apirat Kongsompong, melakukan kunjungan ke Makodam Iskandar Muda (IM), Kota Banda Aceh, Selasa (14/1).

Kunjungannya ke Makodam disambut Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, petinggi Mabes AD dan jajaran Kodam IM. Agenda kunjungan Apirat ini untuk membahas kesuksesan penanggulangan konflik di Provinsi Aceh.

“Kunjungan Panglima RTA membahas kesuksesan penanggulangan konflik di Aceh dan penandatanganan 4th Implementing Arrangement kelanjutan kerjasama TNI AD dengan Angkatan Darat Kerajaan Thailand periode 2020-2023,” ujar Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa kepada wartawan, Selasa (14/1).

Perlu diketahui, kerjasama yang dilakukan kedua angkatan darat tersebut meliputi pendidikan, latihan bersama, pertukaran kunjungan pejabat senior kedua angkatan darat, serta berbagai kerjasama lainnya.

“Jadi kerjasama ini baik dalam hal pendidikan, latihan, dan pertukaran kunjungan seperti ini, saya sudah ke sana (Thailand), ini dalam rangka mempererat hubungan, kita saling belajar satu sama lain,” sebut Andika

Pada kesempatan itu, Apirat Kongsompong juga melakukan pertemuan dengan mantan Perdana Menteri Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang kini menjabat sebagai Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud, dan mantan Panglima Gam, Muzakir Manaf.

“Ini juga dalam rangka melihat apa yang diraih di Aceh, ia juga bertemu dengan Wali Nanggroe untuk sharing, mungkin ada yang berguna dan bisa diterapkan di Thailand,” sebut pria berpangkat bintang empat itu.

Sementara itu, Apirat Kongsompong menilai Aceh merupakan kota yang damai. Ia melihat wilayah berjuluk ‘Serambi Mekkah’ ini telah bangkit pascakonflik serta bencana gempa dan tsunami pada tahun 2004 silam. “Suatu kehormatan besar bisa belajar banyak hal yang dapat diterapkan di Thailand,” ujarnya. (EDS)

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *