oleh

Beri Apresiasi, KSAU Ingin Chaerul Kembangkan Pesawat Rakitannya

 Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengundang Chaerul pembuat pesawat ultralight asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) ke Jakarta. Marsekal Yuyu menyampaikan apresiasi kepada Chaerul.

Pertemuan digelar di Gedung Raden Suryadi Suryadarma Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (21/1/2020). Chaerul didampingi Lurah Pallameang Asdar.

Kedatangan Chaerul disambut langsung Marsekal Yuyu. Yuyu memuji inovasi, keberanian, dan semangat pantang menyerah yang dimiliki Chaerul dalam membuat pesawat terbang swayasa dari barang bekas dan bermesim sepeda motor.

“Kita hanya ingin mengarahkan dan memberikan pengetahuan tambahan yang berhubungan dengan pesawat swayasa agar inovasi Chaerul ini lebih berkembang dan bermanfaat serta keselamatannya lebih terjamin untuk diri sendiri maupun orang lain sekaligus mengajak kepada anak muda lainnya untuk lebih mencintai dunia kedirgantaraan,” ujar Yuyu dalam keterangan yang diterima detikcom.

Dalam pertemuan itu turut hadir tiga akademisi Universitas Hasanuddin Dr. Bastian Jabir, Dr. Rustan Tarraka, Dr. Muhammad Syahid. Sementara KSAU didampingi Waaspotdirga KSAU Marsma TNI T Sembiring Meliala, Kadispotdirgaau Marsma TNI Basuki Rahmat, Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto, dan Kasubdispenum Kolonel Sus M Yuris.

Chaerul sehari-hari bekerja sebagai montir bengkel sepeda motor. Pria asal Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulsel, ini berhasil merakit dan menerbangkan pesawat buatannya serta viral di media sosial.

Selama di Jakarta, selain bertemu dengan KSAU, Chaerul akan diajak mengunjungi berbagai skadron yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma dan terbang joyflight dengan pesawat TNI AU. Selain itu, Chaerul akan mengunjungi Skadron Teknik (Skatek) 021 sebagai tempat pemeliharaan pesawat TNI AU sehingga Haerul bisa berinteraksi langsung dengan teknisi pesawat TNI AU terkait hal-hal teknis pesawat terbang.

TNI AU juga akan memberikan edukasi dan pengetahuan tambahan kepada Chaerul tentang keselamatan penerbangan, kelaikan pesawat terbang, dan segala hal teknis terkait lainnya. Yuyu juga berharap Haerul menjadi pionir dalam pembinaan potensi dirgantara di daerahnya sehingga masyarakat bisa lebih mengetahui tentang dunia keudaraan dan tugas-tugas TNI AU secara keseluruhan.

Sebelumnya, Chaerul juga sudah bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Keberhasilan Chaerul menerbangkan pesawat rakitannya mendapatkan banyak respons positif.

“Saya seperti mimpi, beberapa kali saya cubit tangan karena tidak percaya, saya senang sekali,” kata Chaerul saat dihubungi detikcom, Minggu (19/1).0

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *