oleh

Kasudin Citata Jaktim Sebut Ruko 3 Lantai yang Roboh di Matraman Gagal Struktur

Sebuah bangunan ruko tiga lantai roboh siang tadi. Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Kasudin Citata) Jakarta Timur Widodo mengatakan bangunan itu roboh karena gagal struktur.

“Kalau dilihat secara kasat mata itu tadi gagal struktur kurang bagus,” Kata Widodo di Jalan Pisangan Baru Tengah, Matraman, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).

Widodo menuturkan, bangunan itu sudah memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan) sejak tahun 2014. Dia tidak mengetahui sejak kapan pembangunan dimulai, namun diketahui pembangunan dilakukan secara bertahap dan sempat berhenti kemudian dilanjutkan kembali tahun 2019.

“Ada IMB 2014. Nah ini kan dia bangunnya ga langsung, bertahap bangun sebagian berhenti, nah yang terakhir 2019. IMB 2014, mulainya saya kurang tahu, yang saya tahu waktu saya di sini 2018 sudah 2019 baru ketahuan bangun lagi dia. Jadi ini bangun yang ke berapa ini jadi bertahap,” tuturnya.

Tidak ada permasalahan pada IMB bangunan tersebut. Widodo menerangkan bahwa IMB sudah sesuatu dengan jenis untuk pembangunan gedung usaha.

“Izin campuran untuk usaha boleh. Ini kan C semua bukan rumah tinggal untuk usaha,” terangnya.

Untuk selanjutnya, pihak Sudin Citata akan memanggil pemilik bangunan tersebut. Dia menjelaskan bahwa bangunan untuk tempat usaha seharusnya tidak diperbolehkan menggunakan pekerja harian pribadi karena tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Nanti kita panggil yang bersangkutan untuk mempertanggungjawabkan kenapa bangunan nya bisa fail begini. Jadi kalau bangunan rumah tinggal itu ga boleh dikerjain sendiri harusnya kontraktor sama dewas (dewan pengawas). Boleh (mandor sendiri) ya boleh maksutnya bukan pribadi dia misalnya harian nyuruh orang kuli biasa ga boleh harus orang profesional,” jelasnya.

Untuk diketahui, bangunan ruko berlantai 3 di Matraman, Jakarta Timur itu roboh sekitar pukul 11.30 WIB.
Menurut salah seorang warga bernama Ion, yang melihat kejadian tersebut, terdengar bunyi patahan pada bangunan. Kurang-lebih 5 menit kemudian bangunan roboh.

“Pertama, patah-patah dulu kayak mobil tabrakan brang… brang… (bunyi). Memang cepat itu nggak ada nunggu lama paling 5 menit langsung roboh,” katanya di Jalan Pisanngan Baru Tengah, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (11/2/2020).0 dtk

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *