oleh

Pemprov DKI Sosialisasi Pergub Larangan Kantong Plastik ke 55 Pusat Perbelanjaan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih menyebut pihaknya telah melakukan sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) 142 tahun 2019 tentang Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan. Sosialisasi dilakukan di sejumlah pusat perbelanjaan hingga pasar tradisional.

“Kami lakukan sounding, edukasi dan temu stakeholder terutama temu kepada tiga lingkup yang diatur yaitu pusat perbelanjaan, swalayan dan pasar rakyat,” kata Andono kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (21/2).

Pihaknya sudah berkunjung ke 55 dari 83 pusat perbelanjaan untuk sosialisasi aturan baru ini. Sebab, Pergub itu akan mulai dilaksanakan Juli 2020.

“Sudah lakukan FGD (focus group discussion) dengan Pasar Jaya yang bawahi 153 pasar rakyat,” jelasnya.1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat akan diberikan insentif fiskal daerah melaksanakan Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

Insentif fiskal tersebut berdasarkan Pasal 20 yakni dalam bentuk pengurangan atau keringanan pajak daerah terhadap kegiatan usaha yang dilakukan setiap pengelola.

“Untuk memperoleh insentif fiskal daerah sebagaimana yang dimaksud harus mengajukan surat permohonan ke gubernur,” berdasarkan Pergub yang dikutip Liputan6.com.

Kendati begitu, dalam Pergub yang diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebut tidak dijelaskan lebih detail mengenai tata cara pemberian insentif fiskal daerah.

Gubernur DKI Jakarta telah menerbitkan Peraturan Gubernur ( Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. Pergub tersebut telah diundangkan pada 31 Desember 2019 dan ditandatangani sejak 27 Desember 2019.0 mer

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *