oleh

Peringati HPSN, Anies Ajak Warga Kelola Sampah Mandiri

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak masyarakat mengelola dan memilah sampah sendiri di lingkungan tempat tinggalnya. Ini disampaikan Anies saat menghadiri peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN).

“Harus kita bangun perubahan mindset (cara berpikir) dalam semua kegiatan ada yang kita ambil ada yang sisa atau residu. Sisa bisa digunakan kembali, pesannya kurangi, pilah, olah,” kata Anies di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (21/2).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan saat ini masyarakat Jakarta dapat memproduksi sampah sebesar 7.600 ton setiap harinya. Sampah itu langsung diangkut oleh petugas kebersihan.

“Sebagian dari sisa itu sebenarnya bisa digunakan kembali. Tapi karena kita mindset-nya adalah semua yang sisa itu tidak digunakan, maka semuanya kita buang,” ucapnya.

Karena itu, dia menginginkan agar masyarakat mulai mengolah sampah sebelum berpindah ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

“Targetnya kita berharap dari semua sisa yang ada di tiap kampung, tiap wilayah 30 persen bisa diolah di tempat itu sendiri,” jelasnya.1 dari 1 halaman

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih menyatakan 61 persen sampah di Jakarta berasal dari rumah tangga. Dia meyakini setiap wilayah dapat melakukan pengelolaan sampah.

“Kita akan pedomani apa yang sudah kita tuangkan dalam jastrada maupun peta jalan pengelolaan sampah. 30 target bisa terlaksana,” jelasnya.

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *