oleh

Tim Evakuasi TNI Temukan 12 Jenazah Heli MI- 17

TNI akhirnya berhasil mengevakuasi 12 jenazah korbankecelakaan helikopter MI-17 di Oksibil, Papua. Tim evakuasi berhasil mencapai lokasi puing-puing jatuhnya heli Penerbad dengan nomor registrasi HA 5138, pukul 12.30 WIT.

Danrem 172/PVY selaku Koordinator Evakuasi, Kolonel Infanteri Binsar Sianipar menceritakan timnya sampai di lokasi setelah berjalan mendaki kurang lebih 5 jam dari base camp yang mereka dirikan kemarin (13/2). Sebagaimana diketahui, tim evakuasi sebelumnya diangkut menggunakan heli angkut personel dan diturunkan dengan tali ke titik base camp.


“Tim juga telah berhasil menemukan kedua belas jenazah korban, yang seluruhnya berada di sekitar lokasi kepingan body pesawat” kata Binsar kepada wartawan, Jumat (14/2/2020).



Binsar mengatakan 9 jenazah teridentifikasi dari pakaian dan atribut yang mereka kenakan. “Sedangkan tiga jenazah lagi masih diperlukan proses identifikasi lebih lanjut,” sambung dia.

Binsar menjelaskan seluruh jenazah akan diserahkan ke tim forensik untuk diperiksa secara detil, setelah berhasil dievakuasi. Mengingat kondisi cuaca dan medan yang ekstrem, lanjutnya, tim belum bisa mengevakuasi jenazah korban sore ini.

“Direncanakan besok proses evakuasi jenazah akan kami mulai. Tim akan membawa turun ke titik yang bisa dijangkau oleh heli kita. Untuk selanjutnya dievakuasi melalui udara”, jelas Binsar.


Sementara itu Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, dan keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih menyatakan turut berdukacita kepada keluarga dan kerabat korban.

“Belasungkawa yang mendalam kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur dalam kecelakaan Heli MI 17 No Reg HA 5138 saat melaksanakan tugas mulia di wilayah Papua,” ungkap Herman.

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *