oleh

Zulhas Kembali Jadi Ketum PAN, Pengamat: Indikasi Dominasi Amien Rais Melemah

Pemilihan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) menetapkan Zulkifli Hasan sebagai nakhoda partai berlambang matahari lima tahun ke depan. Zulhas sebagai petahana meraup suara sebanyak 331 dari total pemilik suara 565.

Hal ini mengindikasikan Zulhas mampu mengakhiri dominasi pendiri PAN Amien Rais. Sementara, Mulfachri Harahap yang mengklaim didukung tokoh reformasi itu kalah, atau hanya berhasil mengumpulkan 225 suara.

Begitulah analisa dari Direktur Eksekutif Saiful Mujani Reserch and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas, dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (11/2).

“Implikasinya pada posisi Pak Amien Rais memang. Bahwa kemenangan Zulkifli ini mengindikasikan bahwa dominasi Pak Amien Rais mulai melemah di tubuh PAN,” ucap Sirojudin Abbas.

Pengamat politik lulusan University of California Berkeley ini menjelaskan, kegagalan Mulfachri Harahap di Kongres V PAN ini adalah akhir dari pengaruh Amien Rais sepanjang generasi kepemimpinan partai matahari ini.

“Yang terlihat bahwa tokoh-tokoh yang didorong Pak Amien Rais tidak mendapat dukungan mayoritas,” demikian Sirojudin Abbas.  

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *