oleh

Warga Berjubel Belanja di Pasar, Pemerintah: Tanggung Jawab Pemda

Pasar-pasar di sejumlah daerah ramai disesaki warga yang ingin berbelanja kebutuhan Lebaran meski di tengah pandemi virus Corona. Juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

“(Warga) ya tanggung jawabnya lah. Provinsi ya tanggung jawabnya gubernur, kabupaten tanggung jawabnya bupati, kota tanggung jawabnya wali kota, kan gitu,” kata Yuri saat dihubungi, Jumat (22/5/2020).

Yuri mengatakan virus Corona sudah menjadi bencana nasional. Karena itulah, menurut Yuri, pemerintah daerah juga bertanggung jawab dalam penanganan dan pencegahannya, termasuk urusan menertibkan warga.

“Kan nggak semua daerah itu harus diurusi dari pusat, pemerintah daerah kan ada. Itu kan semuanya udah jadi urusan pemerintah daerah kan. Kan nggak mungkin semuanya diurusi dari pusat kan,” ujar Yuri.

“Semua (penanganan dan pencegahan), ini kan namanya bencana nasional, maka semuanya, semua pemerintah harus tanggung jawab, termasuk daerah,” tegasnya.

Diketahui, sejumlah pasar di wilayah DKI Jakarta, seperti Pasar Kebayoran Baru, Pasar Jatinegara, Kramat Jati, hingga pasar minggu ramai dikunjungi warga pada Jumat (22/5). Warga berjubel memenuhi pasar untuk berbelanja baju dan kebutuhan jelang Lebaran.

Tak hanya di Ibu Kota, pasar-pasar di daerah seperti Sukabumi, Jawa Barat hingga Probolinggo, Jawa Timur juga ramai dikunjungi masyarakat. Mereka berbelanja kebutuhan jelang Hari Raya Idul Fitri.o

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *