oleh

Program Jumat Hijau Satgas 711/Rks Wujud Peduli Ekosistem Laut

Peduli akan kelangsungan hidup dan ekosistem yang ada di laut, Satgas Yonif 711/Raksatama bersama Mahasiswa KKN Unpati Fakultas Perikanan dan Babinsa Desa Poka menggelar kegiatan karya bakti “Jumat Hijau”.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas 711/Rks, Letkol Inf Fanny Pantaouw, dalam rilis tertulisnya di Teluk Ambon, Kota Ambon. Jumat (22/3/2019).

Dikatakan Dansatgas bahwa kegiatan karya bakti yang di prakarsai Yonif 711/Rks dan mahasiswa KKN Unpatti fakultas Perikanan tersebut dengan melakukan gerakan Penanaman Pohon Mangrove di pesisir Pantai Desa Poka.

WhatsApp Image 2019-03-22 at 18.59.19

“Pohon Mangrove atau yang biasa dikenal dengan Bakau merupakan tanaman semak belukar atau kelompok pepohonan yang memiliki akar menyembul ke permukaan dan bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi di sepanjang garis pantai tropis dan subtropis,” terang Fanny.

Dengan adanya penanaman Mangrove tersebut, menurut Fanny, diharapkan dapat mencegah terjadinya erosi, abrasi serta dapat menjadi sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa, termasuk dapat menetralisir udara dan air di pesisir pantai.

“Maluku merupakan daerah kepulauan hampir 90 persen masyarakat tinggal dipesisir pantai, dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan masyarakat dapat mengerti, peduli dan menjaga alam terutama ekosistem laut,” imbuhnya.

Wingli (Mahasiswa Unpati) mengucapkan, terima kasih kepada satgas Yonif 711/Rks atas bimbingan dan bantuannya selama ini terhadap program mahasiswa KKN Unpati fakultas perikanan sehingga kegiatan dapat berjalan lancar.

Selain mahasiswa kegiatan ini juga diikuti masyarakat Desa Pokka, terlihat masyarakat sangat antusias dalam kegiatan tersebut, diantaranya Adre Teftutul (Ketua RT 3/RW 001 Desa Poka) mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 711 yang telah membantu penanaman Mangrove

“Juga telah menjaga keamanan di Desa Poka sehingga sampai dengan saat ini dapat hidup damai, aman dan tentram,” tandasnya. 0 Dispenad

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *