oleh

Seharusnya yang Diundang Jokowi Perwakilan 7 Wilayah Adat Papua

 Presiden Joko Widodo telah mengundang 61 tokoh Papua untuk bicarakan kondisi terkini di Istana Negara, Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta pada Selasa (10/9) kemarin.

Hanya saja, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menyebut pertemuan itu belum cukup untuk menyelesaikan soal Papua. Pasalnya, Bumi Cendrawasih mempunyai 7 wilayah adat dan lebih dari 280 suku.

“Tujuh wilayah adat itu harus didudukan siapa perwakilan-perwakilan yang tepat mungkin itu salah satu perwakilan yang tepat, tapi ada lagi perwakilan lain,” ujarnya di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9).

Fadli menyebut jika 61 orang itu tidak mewakili seluruh wilayah dan suku adat di Papua, maka dikhawatirkan solusi untuk Papua tidak akan tepat sasaran.

Sambung wakil ketua umum DPP Partai Gerindra itu, selama ini pemerintah dalam melakukan pendekatan pada Papua selalu berlindung di balik bentukan dana otonomi khusus (Otsus) untuk Papua.

Bukan meniscayakan manfaat dari Otsus tersebut. Kata Fadli, Otsus harusnya dievaluasi secara berkala apakah penggunaan anggaran sudah sesuai target atau tidak.

Apakah ini sudah berdampak langsung atau masih dievaluasi pada prinsipnya semua bersepakat bahwa ini harus ada evaluasi,” pungkasnya. 0 rmo

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *