oleh

Tak Disangka, Bintang Smule Cantik dan Bersuara Merdu Ini Ternyata TKW

Endang Siswati sudah tak asing lagi bagi para pecinta aplikasi Karaoke by Smule. Kecantikan dan suara emasnya memikat hati para lelaki.

Pemilik akun @Endangsiswati7 ini gemar menyanyikan lagu dangdut dan nasyid. Ia kerap berduet dengan sejumlah pria di aplikasi Karaoke by Smule.

Kini, wanita bernama lengkap Endang Putri Rachman ini telah memiliki 126 ribu followers di Smule.

Siapa Endang Siswati? Dari penelusuran pojoksatu.id, wanita berhijab ini ternyata tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kendal, Jawa Tengah.

Saat ini, Endang bekerja di Hong Kong. Ia menekuni pekerjaannya sebagai tenaga kerja wanita (TKW) selama 17 tahun. Sebelum bekerja di Hong Kong, Endang pernah menjadi TKI di Arab Saudi.

Kini, Endang dan majikannya tinggal di lantai 17 sebuah apartemen di Hong Kong. Di tempat ini, Endang telah bekerja selama 7 tahun.

Setelah pekerjaannya beres, Endang bisa berselancar di dunia maya. Ia bebas berkaraoke dengan menggunakan aplikasi Smule.

Selain aktif di Smule, Endang juga mulai menjadi youtuber sejak awal tahun 2019. Ia mengabadikan aktivitasnya sebagai TKW dan diupload ke channel Youtube miliknya.

Berapa gaji Endang Siswati per bulan? Wanita cantik itu rupanya memiliki gaji yang tak kalah dari gaji seorang manager perusahaan kecil.

TKI cantik ini digaji Rp10 juta per bulan. Namun sang majikan kerap melebihkan 100 dollar Hong Kong.

Setiap selesai gajian, dia langsung mengirimkannya ke Indonesia melalui Wester Union yang berada di belakang tempat tinggalnya.

“Kalau habis nerima (gaji) langsung setor. Kalo gak gitu, nanti habis,” ucap Endang Siswati dalam vlognya.

Meski memiliki gaji yang relatif cukup besar dengan pekerjaan yang tidak terlalu sulit, Enang mengaku bahwa menjadi TKI bukanlah pilihannya. Ia terpaksa menjadi TKI karena faktor ekonomi.

“Sebenarnya saya jadi TKW bukan karena pilihan saya ya, tapi karena ekonomi jadi saya terpaksa,” kata Endang, sebagaimana dikutip pojoksatu.id dari vlog pribadinya.

“Tapi semua ini saya jalani dengan penuh keikhlasan, kesabaran, mungkin itu sudah suratan yang harus saya jalani, semoga indah pada waktunya,” tandas TKI cantik ini.

Di salah satu vlog, Endang menceritakan pengalamannya saat pertama kali menjadi TKI.

Menurutnya, keadaan yang memaksanya menjadi TKW. Bahkan, dia harus rela meninggalkan anaknya yang baru berusia 6 bulan untuk mencari duit di negeri orang. Kini, anaknya sudah berusia 18 tahun.

“Memang ini kujalani sangat melelahkan lahir batin, tapi harus bagaimana lagi, semoga di balik semua ini ada hikmahnya dan indah pada waktunya, amin,” kata Endang.0 psid

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *