Image description
Image captions

Budaya servis memang merupakan dasar yang harus dimiliki oleh para karyawan manakala perusahaan tersebut ingin bergerak di jasa pelayanan. Tanpa adanya budaya servis yang baik, sudah tentu perusahaan tidak bisa memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya. Bayangkan bila pelanggan Anda mengeluh kepada Anda dan pegawai Anda tidak memiliki budaya servis. Mereka bukannya menangani keluhan Anda tetapi justru menanggapinya dengan cara yang tidak sopan. Hal semacam ini tentu saja bisa membuat pelanggan lari dan tidak mau lagi menjadi pelanggan kita.

Bahkan budaya servis bukan hanya terhadap pelanggan tapi juga budaya melayani yang unggul antar sesama team kerja, bawahan ke atasan, atasan ke bawahan saling melayani atau memberikan servis yang baik dalam bekerja. 

Budaya servis memang membutuhkan waktu untuk membentuknya. Lama tidaknya budaya servis merasuk ke semua pegawai perusahaan tergantung seberapa besar pemahaman dari si pegawai akan budaya servis. Namun, budaya melayani akan semakin meresap jika secara konsisten dan terus-menerus melakukan program dan kampanye pembentukan budaya servis. Kampanye bisa dalam bentuk tertulis seperti mempromosikan value pelayanan yang ingin dibentuk seperti service excellence, responsiveness atau team work. Bisa juga dilakukan dalam bentuk training.

Seperti Hotel Ritz-Carlton mewajibkan karyawannya untuk mengantungi kartu yang berisi corporate values dari Rizt-Carlton. Setiap kali ada pelanggan komplain, mereka mengeluarkan kartu tersebut untuk mengingatkan kembali attitude karyawan yang harus dimiliki ketika berhadapan dengan pelanggan. Ada pegawai yang menaruh values tersebut di screen saver atau wall paper komputer masing-masing. Budaya servis memang harus diingatkan terus-menerus supaya memiliki pengaruh kepada attitude pegawai. Namun, jangan dilupakan pula adalah membentuk role model yang bisa dijadikan teladan oleh karyawan. Akan sangat baik jika role model tersebut adalah orang-orang di tingkat manajemen. Pelayanan bagaimanapun adalah sebuah keteladanan.

JADWAL TRAINING Motivator Haryanto Kandani:
Selasa, 1 Oktober 2019 
Pk. 09.00 - 16.00
Training The Spirit Of Service Excellence
 
Program Training sehari yang akan membentuk pribadi yang berfokus pada peningkatan budaya servis yang unggul bagi perusahaan dan pelanggan

Kamis - Jumat, 3-4 Oktober 2019
Pk. 09.00 - 16.00 
Public Speaking Training For Success

Program 2 hari yang akan memberdayakan dan mengembangkan kemampuan Anda berbicara di depan umum, presentasi dengan penuh percaya diri dan profesional.

Selasa, 29 Oktober 2019 
Pk. 09.00 - 16.00
Training Motivational Leadership

Program Training sehari yang akan memberdayakan kepemimpinan Anda secara efektif dan signifikan

INFO DETAIL HUBUNGI WA 0853-6060-5050