Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) tahun ini memasuki usia ke-13. Bagi sebagian kalangan, 13 merupakan angka "keramat" dengan segala sisi buruk yang selalu menggelayutinya. Namun stigma negatif tentang angka ini pun menjadi pemecut rekan-rekan Forwot untuk melakukan sesuatu kegiatan positif.
Dalam rangka memeriahkan HUT Forwot ke-13, wadah para jurnalis yang membidangi industri otomotif di Indonesia ini pun membuat satu aktivitas yang diyakini bisa membangun kreativitas para jurnalis terhadap lingkup kerjanya sehari-hari. Kegiatan itu berupa pelatihan jurnalistik, videografi, dan fotografi, yang digelar di Aston Sentul Lake Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/5)-Minggu (15/5).
“Materi-materi tersebut diangkat seiring trend industri media yang bukan lagi terbatasi hanya sekadar media cetak, media elektronik, dan media online, tapi sudah bertransformasi menjadi media multi-platform yang di dalamnya memuat teks, foto, serta video,” kata Zainal Abidin Satria, selaku Ketua Panitia HUT ke-13 Forwot.
Ia berharap acara ini bisa mengangkat kreativitas rekan-rekan jurnalis yang tergabung dalam Forwot demi menunjang aktivitas profesinya di lapangan serta semakin mengakrabkan antar-anggota. Kegiatan pelatihan jurnalistik ini bukan pertama kali yang dihelat Forwot. Pada perayaan ulang tahun Forwot tahun lalu juga dilakukan aktivitas serupa, namun tema yang diangkat adalah mengenal media online dan pelatihan menulis online. Saat itu jumlah peserta sekitar 60 jurnalis dari berbagai media nasional.
Perayaan HUT ke-13 Forwot juga memberikan apresiasi kepada sejumlah Agen Pemegang Merek (APM), produsen part otomotif, dan perusahaan industri pendukung otomotif yang selalu memberikan support kepada kegiatan Forwot. Bentuk apresiasi ini diberikan berupa pembagian plakat kepada masing-masing sponsor HUT ke-13 Forwot yakni PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), PT Toyota-Astra Motor (TAM), PT Astra Honda Motor (AHM), PT Dyandra Promosindo, PT Pertamina Lubricants & PT Pertamina (Persero), Auto2000, TVS Motor.
Kemudian Forwot mengapresiasi secara khusus kepada PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) karena peranannya dalam membantu memajukan pendidikan di Tanah Air dengan berbagai program CSR. FORWO menganugrahi SIS penghargaan “Brand Otomotif dengan CSR Edukasi Terbaik 2016”.
“Tak lupa di setiap kegiatan, Forwot selalu menyelipkan aktivitas sosial. Kali ini kami menggandeng Charity In Unity dengan menyerahkan donasi berupa uang tunai Rp10 juta untuk dibelikan sejumlah sepatu sekolah kepada anak-anak di Nusa Tenggara Timur. Kami juga menyerahkan bantuan berupa buku-buku bacaan senilai Rp20 juta ke 100 TK (taman kanak-kanak) di bawah asuhan IGTKI (Ikatan Guru TK Indonesia) Kab Bogor,” ujar Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot.
“Dari donasi Rp20 juta itu, kami bagi-bagikan kepada 100 TKI di Kab B Bogor, masing-masing senilai Rp200 ribu/TK. Nah buku seharga Rp20O ribu itulah kami bagi untuk setiap TK. Yah, yang penting masing-masing TK mendapat bagian buku bacaan sebagai penambah wawasan bagi para murid TK di Kab Bogor,“ papar Bu Riatmi, Ketua IGTKI Kab Bogor. O one