Image description
Image captions

Zulkifli Hasan resmi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Pria yang akrab disapa Zulhas itu menyampaikan mendapatkan mandat langsung dari Presiden Joko Widodo.

Ia bercerita bahwa Jokowi percaya dengan latar belakangnya yang mengerti mengenai pangan, Zulhas bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di Kementerian Perdagangan.

"Tolong Pak Zul dengan background Pak Zul yang suka turun ke bawah mengerti mikro mengerti retail, detail soal pangan ketersediaan dan lain lain," ujarnya menirukan bagaimana Jokowi memberikan mandat langsung ke Zulhas, di depan Auditorium Gedung Utama Kemendag, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).


Zulhas mengatakan, mandat menyelesaikan masalah pangan itu merupakan mandat besar dari Jokowi. "itu diyakini kepercayaan besar dari Presiden saya bisa menyelesaikan dengan baik makanya itu ketersediaan pangan penting sekali," ujarnya.

Hari ini, serah terima jabatan (sertijab) telah dilaksanakan di Kantor Kementerian Perdagangan pukul 14.30 WIB. Berdasarkan sumber di Kementerian Perdagangan, dalam sertijab itu hadir pula Muhammad Lutfi yang memberikan serah terima jabatan itu.

Sertijab berlangsung tertutup. Awak media tidak ada yang diarahkan untuk masuk ke ruangan sertijab.
Baca juga:
Deretan 6 Nama Mendag di Era Jokowi, Termasuk Kontroversinya

Sementara suasana dari gedung utama Kemendag setelah sertijab ini ramai dengan pejabat Kemendag. Terlihat pula Zulhas yang didampingi oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Zulhas sendiri telah dilantik oleh Jokowi di Istana Negara pukul 13.30 WIB. Pelantikan itu bersamaan dengan Hadi Tjahjanto yang diangkat menjadi Menteri ATR/BPN.