Image description
Image captions

Begini penampakan Akademi/Akmil Militer di Lembah Tidar tempat para menteri Kabinet Merah Putih akan melakukan penggemblengan selama 3 hari, 24-27 Oktober 2024.

Acara pembekalan menteri ini akan dipimpin langsung oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Selama mengikuti pembekalan di Magelang, para menteri dan wamen akan menginap di tenda.

"Kami sudah dikirimi untuk pakaian lapangan, jadi ada pakaian loreng, ada kaus, baju, seragam yang menyerupai militer untuk kegiatan-kegiatan di sana, " kata  Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Bima Arya.

"Dan berdasarkan informasi, memang menginapnya itu juga di tenda. Jadi ini sesuatu yang sangat-sangat berbeda dan rasanya kami antusias untuk mengikuti itu," ucapnya dalam Program Kompas Petang di Kompas TV, Selasa (22/10/2024).

Menteri Koperasi (Menkop), Budi Arie Setiadi juga mengatakan, anggota Kabinet Merah Putih akan menginap di tenda.

"Iya, betul,"  ucap Budi Arie Setiadi di kawasan Istana Kepresiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Penampakan Tenda Para Menteri

Berdasarkan sumber video yang diterima Tribunnews.com pada Rabu hari ini, tenda glamping yang akan ditempati oleh anggota kabinet berwarna hijau.

Guna menghindari air masuk, tenda itu dipasang lebih tinggi dari tanah yang ditumbuhi rumput hijau.

Lalu di bagian alas ditopang papan sehingga ketinggiannya menjadi rata.

Adapun tenda glamping tersebut diisi oleh sejumlah perabotan, seperti meja dan kursi.

Tenda itu juga dilengkapi dengan televisi.

 Selain itu, terdapat pula air conditioner (AC), kasur untuk tidur, hingga lemari. 

Di dalam tenda disediakan juga dapur serta kamar mandi dan toilet.

 Baca juga: Begini Alasan Presiden Prabowo Subianto Lakukan Pembekalan Menteri di Akmil Magelang

120 Tenda Disiapkan

Dikutip dari TribunJogja.com, Akmil Magelang tengah melakukan persiapan jelang kedatangan presiden, wakil presiden, beserta para menteri dan wakil menteri dengan mendirikan 120 tenda.

Tenda-tenda tersebut didirikan di area Borobudur International Golf & Country Club yang juga menjadi pusat kegiatan pembekalan bagi para pejabat negara selama kunjungan di Magelang.

"Kegiatan utama nanti ada di sekitar lapangan golf Borobudur, kurang lebih ada 120 tenda yang disiapkan," ujar Kepala Penerangan dan Humas Akmil, Letkol (Inf) Muhammad Jafar, melalui Kasi Penerangan Umum Kapten (Cke), Nurul Muntaha, Senin (21/10/2024).

Meski begitu, jumlah tenda ini masih bisa berubah sesuai dengan kebutuhan dan dinamika acara.

Selain menjadi lokasi pembekalan, tenda-tenda itu akan disiapkan sebagai tempat istirahat bagi presiden dan anggota Kabinet Merah Putih.

"Saat ini semua rencana masih berkembang, dan sementara dipusatkan di daerah Lapangan Golf Borobudur." 

"Kami terus mengikuti perkembangan untuk memastikan segala sesuatunya berjalan sesuai rencana," jelasnya.

Menurutnya, fokus utama jelang kedatangan para pejabat negara ialah mengenai kebersihan dan pengelolaan area yang akan dipakai.

"Kami menyiapkan pangkalan akademi militer dari utara hingga selatan dan timur ke barat, termasuk barak dan kantor." 

"Setiap satuan sudah dibagi sektornya masing-masing untuk memastikan area selalu bersih," ujarnya.

Adapun pembersihan dilakukan lebih intensif lantaran kunjungan ini melibatkan presiden dan para menteri meski kegiatan kebersihan rutin sudah dilakukan setiap hari. 

"Kami tingkatkan intensitasnya agar segalanya lebih siap ketika tamu negara datang," ungkapnya.

Agenda Kabinet Prabowo di Lembah Tidar

Para menteri dan wakil menteri diagendakan untuk membahas program kerja prioritas dalam Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. 

Selain itu, akan ada kegiatan outbound untuk memperkuat ikatan di antara jajaran kabinet.

Menteri Sekretaris Negara, Prasetyo Hadi mengungkap alasan Prabowo mengumpulkan menteri di Lembah Tidar adalah agar mengenal satu sama lain mengingat jumlah kementerian kini bertambah.

"Kenapa dikumpulkan jadi satu? Supaya masing-masing dapat saling mengenal satu sama lain. Itu kan belum semua juga saling mengenal," ujarnya dikutip dari KompasTV, Rabu (23/10/2024)

"Jumlah kementerian yang bertambah dari periode yang lalu, tentu membutuhkan kerjasama yang erat. Oleh karena itulah Pak Prabowo mempercepat proses kerjasamanya itu dengan kita sering-sering dikumpulkan," lanjutnya.

Tentang Lembah Tidar

Lembah Tidar berada di kawasan Kebun Raya Gunung Tidar, Magelang. Nama Tidar sendiri berasal dari kata Mukti dan Kadadar.

Mukti artinya bahagia, berpangkat dan sukses dalam hidup. Adapun, kadadar artinya berdidik, ditempa dan diuji.

Menurut laman resmi Kebun Raya Gunung Tidar, Gunung Tidar atau Mukti memiliki makna siapa yang ingin hidup bahagia, berpangkat dan sukses maka harus siap untuk dididik, ditempa dan diuji agar menjadi pribadi mumpuni dan tangguh. Gunung Tidar juga dijuluki sebagai paku tanah jawa bagi masyarakat Jawa.

Lembah Tidar didirikan pada 31 Oktober 1945 atas perintah Kepala Staf Umum Terntara Keamanan Rakyat Letjen TNI Oerip Soemahardjo.

Lokasinya yang terpencil di kaki Gunung Tidar membuat para calon perwira Akmil bisa lebih fokus dalam latihan fisik, perang, hingga strategi militer.

Berada di ketinggian 503 mdpl dengan luas area 701.674 m2, para calon perwira yang menjalani pelatihan di sini kerap dijuluki Macan Lembah Tidar, seperti dilansir dari laman LIPI