Image description
Image captions

 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan tidak ada kader PDI Perjuangan (PDIP) yang ikut melaksanakan pembekalan calon menteri kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini diungkapkan usai menghadiri agenda tersebut yang dilaksanakan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Budi Arie mengungkap hanya ada seorang yang berafiliasi dengan PDIP hadir dalam pembekalan tersebut. Orang ini adalah mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan.

“Enggak ada, Pak Budi Gunawan saja tadi (yang hadir),” kata Budi usai menghadiri pembekalan calon menteri.

Sebelumnya, Komandan Detasemen Pengawalan Khusus Menhan, Prabowo Subianto, Letkol Infanteri G. Borlak mengungkapkan sejauh ini sudah ada 59 orang calon menteri, wakil menteri dan kepala badan yang tiba kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto di Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024), untuk pembekalan.

"Yang sudah datang 59 orang. Kami tidak tahu ada yang datang (lagi) atau tidak. Kami belum tahu karena kami di sini enggak pegang data di atas, itu mereka yang di dalam kali ya," ucap Borlak di Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Ia mengatakan telah diberi perintah oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto usai kegiatan kemarin di Jl Kertanegara 4, Jakarta Selatan, untuk pengamanan kegiatan hari ini di Hambalang.

"Hari ini berlangsung acara pembekalan di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, kami tugasnya di sini ada yang pengamanan rute, dengan parkiran. Kami upayakan sehingga tamu-tamu bapak yang datang terutama para menteri yang akan melakukan pembekalan berjalan aman lancar," tuturnya.

"Mulai dari jam 6 lewat sedikit, tamu pertama sekali yang datang adalah Pak Yusril dan sudah masuk. Dan teman-teman yang lain masuk, nanti mereka setelah sampai di loading turun ke sana, mereka parkir di helipad dan sudah kami laksanakan dengan baik," sambungnya.

Sementara itu, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) menjadi orang paling akhir tiba di Hambalang pada sesi pembekalan pagi ini.

"Pak Budi Gunawan terakhir tadi," ujar dia.

Sebagai informasi, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka tiba di kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto di Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024), menjelang pembekalan terhadap para calon pejabat di kabinet

Sebagimana dilansir Inilah.com di lokasi, Gibran tiba menggunakan mobil Land Cruiser berwarna putih dengan nomor polisi AD 1523 HU pada pukul 7.24 WIB. Ia tak begitu tersorot kamera karena terhalang oleh gantungan baju di pinggir jendela.

Pembekalan kepada para calon menteri dan wakil menteri serta kepala badan dimulai pada pukul 8.00 WIB.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut pembekalan para calon menteri kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan digelar Rabu (16/10/2024) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"Besok pagi akan ada pembekalan jam 8 pagi sudah dimulai," kata Dasco di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2024).

Dia mengatakan Gibran juga direncanakan hadir dalam pembakalan tersebut. "Besok direncanakan wapres terpilih (Gibran) akan hadir," ucapnya.