Image description
Image captions

Jaksa Agung ST Burhanuddin melantik Patris Yusrian Jaya menjadi Kajati Jakarta menggantikan Rudi Margono yang telah diangkat menjadi Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan Agung. Pelantikan dilakukan dua hari jelang pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober. 

Pada kesempatan yang sama, Burhanuddin juga melantik Mayjen TNI Mokhamad Ali Ridho selaku Jampidmil menggantikan Mayjen TNI Wahyoedho Indrajit.

Dalam amanatnya sebagaimana yang dilansir dari keterangan tertulis, Jaksa Agung menyampaikan bahwa proses pelantikan pejabat bukan sekadar seremonial dan penyegaran personel, tetapi juga sebagai upaya menjaga eksistensi organisasi.

"Selain itu juga menjadi momentum pengingat bagi kita atas tanggung jawab yang telah diamanatkan dalam rangka penegakan hukum, serta memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat yang berkeadilan, berkepastian serta berkemanfaatan," ujar Burhanuddin, Jumat (18/10/2024).

Ia mengatakan para pejabat yang dilantik pada hari ini tentu memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk memimpin dan menggerakkan roda bidang ataupun satuan kerja yang dipimpin.

Dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi, Jaksa Agung menekankan beberapa tugas yang harus segera dilaksanakan dan disesuaikan.

Bagi Jampidmil yang baru, salah satu tugas yang ditekankan adalah mengoptimalkan koordinasi penanganan perkara koneksitas yang dilakukan oleh oditurat sebagai wujud sinergi dan kolaborasi secara kelembagaan.

Sementara itu, bagi Kajati Jakarta yang baru, salah satu tugas yang ditekankan Jaksa Agung adalah memastikan terlaksananya pola penegakan hukum yang normatif dan proporsional dengan memperhatikan nilai-nilai keadilan di tengah masyarakat.