Image description
Image captions

Dua hari menjelang pelantikan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka, Prajurit TNI menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Tamu VVIP yang dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Silang Monas ini juga dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dan para Kepala Staf Angkatan lainnya pada Jumat (18/10/2024).

Markas Besar TNI mengerahkan pasukan dari tiga matra, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU untuk mengamankan rangkaian acara pada tanggal 20 Oktober 2024 mendatang. Setiap Satgas akan memiliki peran khusus, seperti pengawasan, patroli, dan pengamanan VIP/VVIP, guna menjaga keamanan selama pelantikan berlangsung.

Operasi pengamanan yang berlangsung dari tanggal 17 hingga 23 Oktober 2024 ini melibatkan 24.200 personel TNI yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) di bawah kendali Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Rachmad Jayadi.

Pada aspek laut, TNI AL tengah menyiagakan lebih dari 10 KRI di sekitar Perairan Teluk Jakarta guna mengamankan proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih. Pengerahan tersebut tentunya di luar unsur-unsur TNI AL yang terus-menerus beroperasi di wilayah laut yuridiksi nasional Indonesia sepanjang tahun.

Lebih lanjut, lebih dari 3.500 pasukan Marinir TNI AL dari Jakarta dan Surabaya juga dikerahkan guna mengamankan proses pelantikan nanti. Serta tidak ketinggalan Pusat Penerbangan TNI AL juga menyiagakan unsur udara yang memiliki spesifikasi anti kapal selam seperti Heli Panther HS-1308, Heli Panther HS-1311 dan CN P-8305 dalam proses pengamanan.